Tips Membeli Smartphone di 2012

06.58

Persaingan 3 OS besar dunia, pangsa pasar beda
Setidaknya pada 2009 alu saya masng jarang temui orang memakai gadget BlackBerry, apalagi iPhone dan Android. Sekarang lihatlah, smartphone sudah menjadi kebutuhan primer rakyat Indonesia. Banyak pilihan, namun seringnya calon pembeli smartphone ini mengeluarkan uangnya tanpa pertimbangan matang.

Ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan. Yang paling penting adalah apa sih kebutuhan atau fungsi utama saat sudah memiliki smartphone. beberapa kali saya temui kawan yang aawalnya menyepelekan BB karena fitur yang terbatas. Lantas mereka memilih membeli android yang lebih terjangkau, atau iPhone yang punya fitur mumpuni. Kawan-kawan saya ini yang sebagian besar aktifis di kampus dan juga usahawan baru akhirnya tanya-tanya tentang BB. AKhirnya mereka beli BB juga.

Kenapa hal ini terjadi? Jawabnya adalah belilah smartphone sesuai dengan kebutuhan. Device BB ini diciptakan bukan untuk meng-entertain sang pemilik, namun diciptakan untuk multitasking dan menjaga kebutuhan jaringan sang pemilik. Singkat kata BB ini punya captive market para pengusaha, politisi, aktivis dan para pejuang jejaring. Lalu android dan iPhone? Yup, keduanya diciptakan memang dengan fitur yang sangat kaya, terutama untuk menghibur peiliknya dengan game atau aplikasi lain. beda peruntukan antara BB dengan iPhone-Android. Itu jadi penting agar uang tak terbuang percuma.

Lalu yang lebih penting adalah ketahui update terbaru harga dan perkembangan pasar smartphone dunia. Update harga jadi penting karena selisih harga antara toko online/offline ternama dengan toko biasa ada margin yang cukup tinggi. Contoh seperti Blackberry Torch 2 milik saya, di Bhinneka.com harga masih 5,3 juta. padahal di toko-toko di semarang harganya sudah 4,8 juta. Bedanya jauh banget kan.

Yang tak kalah penting adalah perkembangan smartphone itu sendiri. Tentunya kita ingat dengan Nokia yang sempat punya HP berharga 9 juta, namun dalam waktu 1 tahun anjlok menjadi 5 juta, karena teknologinya alah bersaing dengan BB kala itu.

CEO RIM saat memperkenalkan BB10 di Orlando, AS
Maksud saya begini, kalau mau beli smartphone, lihat perkembangan ke depan. Seumpama BB, yang saat ini device tercanggihnya dengan OS.7. Tak perlu buru-buru beli BB, mendingan ditabung karena pada kuartal keempat 2012, RIM akan merilis BB10. Efeknya jelas, harga BB ber-OS.7 pasti akan anjlok.

lalu bagi yang berminat beli android, mikir berkali-kali dulu ya, karena Apple akan keluarkan iPhone versi murah seharga 200 dollar. Efeknya jelas, harga android lain pasti akan anjlok. lah untuk windows phone gmana? Kalo saya mah lihat perkembangan dulu. Karena windows phone banyak mengalami kegagalan, terutama masalah bug di sistem mereka, sehingga setiap restart device akan kehilangan data.

Pastika anda bijak menggunakan uang yang ada, jangan samapi menyesal karena saat sudah beli smartphone baru berteknologi lama, lalu keluar smartphone baru dengan teknologi mutakhir, namun dengan harga yang sama.

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images