10 Alasan Memakai Playbook

20.00


PlayBook, sebuah tablet besutan RIM, vendor blackberry asal waterlo Kanada. Awalnya diprediksi sebagai tablet yang akan menjadi saingan serius iPad, namun kenyataan berbicara lain. Playbook menjadi produk yang bisa dibilang sampai saat ini gagal, dari segi penjualan.
Kegagalan Playbook bisa dimengerti, karena sejatinya PB sendiri dibuat bukan sebagai tablet mandiri, namun sebagai pelengkap smartphone blackberry. Mungkin sudah menjadi rahasia umum, bahwa OS pada device blackberry sangat tertinggal dibanding iOS pada iPhone dan juga OS Android.

PB inilah yang diharapkan menjadi jawaban dari RIM, dengan OS yang berbeda jauh dari BB. Namun harapan tak berjalan, konsep PB malah menjadi kunci kegagalan. PB generasi awal memang dibuat tanpa slot sim card. Karena konsep dasarnya bagi kita yang sudah punya BB, memiliki PB adalah sebuah keuntungan luar biasa. Berikut akan saya jelaskan beberapa keuntungan memakai Playbook bagi para pemilik BlackBerry:

1. TAK PERLU BELI PULSA. Yup, inilah alasan utama saya berpindah dari Huawei Ideos Slim Android ke Playbook 64 GB. Playbook generasi pertama ini memang tidak dilengkapi sim card, seperti Playbook terbaru yang didukung 4G LTE. Namun RIM telah menyiapkan blackberry bridge. Bridge ini gunya menghubungkan BB dengan PB. Tak hanya itu, koneksi internet BB bisa di share ke PB. Selama BB kita support 3G, pastilah PB ngacir saat browsing. Apalagi kalo BB kita support 4G (seumpama di Indo udah ada LTE), otomatis kecepatan PB juga makin kenceng. Ane sendiri pakai Torch 9810, overall lancar dan download file besar juga bisa. Tapi kalo ratusan MB seringnya gagal, cman kalo pake wifi pasti bisa.

2. OS MANTAP. OS pada playbook berbeda dengan OS pada device BB yang beredar saat ini. OS PB ini berbasis QNX, diklaim sangat aman sejauh ini. User face nya juga mudah dan enak, pengoperasiannya tidaklah sulit. OS ini juga sama dengan BB10 yang akan muncul pada awal 2013.

3. BISA MAIN GAME HD. Yang sering dikeluhkan para maniak gadget adalah bahwa BB sangat kuno, aplikasi berat tak bisa masuk. PB ini bisa dibilang cikal bakal BB10. Di PB agan bisa install game HD. Di PB ane ada beberapa game HD, bisa dilihat di gambar spoiler.


4. TAK ADA MEMORY KHUSUS APLIKASI. Yang menjadi lucu di BB adalah memory aplikasi yang terbatas maksimal hanya 512 MB. Di PB, tak ada pembatasan. Bila memory bawaan 64 GB, ya bisa install aplikasi sampai mendekati memory tersebut.

5. SUPPORT KE BB10. RIM telah mengumumkan bahwa PB generasi awal akan mendapat support untuk migrasi ke BB10.

6. HARGA SEMAKIN TERJANGKAU. Awalnya saat PB 64GB pertama keluar dihargai 699 dollar US. Namun karena kurang tidak dilirik pemilik BB, maka terus diturunkan. Saat ini PB 64GB bisa didapat dengan harga kisaran 3 juta rupiah, bahkan bisa lebih murah. PB 32GB bisa dapat di kisaran 2,3-2,5 juta. Yang PB 16GB bisa dapet baru 1,9 juta. Hanya agak susah sekarang carinya. Di Canada versi 16 GB sedang cuci gudang, dihargai hanya 149 dollar AS.

7. APLIKASI TERUS BERTAMBAH. Walau tak sebanyak android dan iOS, RIM sudah berkomitmen menambah dan meyakinkan developer untuk masuk ke BB10. Kita bisa lihat bagaimana RIM terus keliling dunia bertemu developer aplikasi dari berbagai negara, membagikan playbook gratis dan device BB10 alpha.

8. BISA RUNNING APLIKASI ANDROID. Yup secara resmi memang RIM memberikan jalan bagi aplikasi android untuk running di PB, namun saat ini belum sepenuhnya sempurna. RIM menjanjikan android akan running sempurna di PB saat update OS 2.1 non-beta.

9. SPECH YANG MANTAP. Mending agan cek aja sendiri di berbagai web yang ada. Dengan harga PB saat ini, rasanya patut dipertimbangkan, khususnya bagi para pemakai BB yang belum memakai PB.

10. STREAMING SEPUASNYA. Karena paket BB itu unlimited, jadi PB juga ikutan unlimited, alhasil nonton YOUTUBE sampai mata merah-pun pulsa ga lagi bingung kalo cepet habis.

*Tulisan ini pertama saya posting di forum kaskus

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images