7 Film Dengan Best Ending

08.20

Oke kali ini saya akan bicara tentang film, lebih spesifik tentang 5 film dengan ending yang menurut saya sangat oke punya. Ini list ga hanya terdiri dari film barat aja, tapi ada dari Asia. Tapi maaf banget belum ada dari Indonesia, karena jujur belum ada film Indonesia yang punya ending mengagetkan dan tak terkira, rata-rata ending klise dan datar.

Di daftar ini adalah subjektivitas saya sebagai manusia, ini adalah daftar terbaik dari film yang sudah saya tonton. jadi saya tentukan 7 terbaik ini tak hanya berdasar pada ide unik endingnya, namun juga pesan mendalam yang disampaikan dalam film-film tersebut. Oke, berikut 7 film yang menurut saya mempunyai ending terbaik:

7. SHINOBI

Di urutan ke-7 ini saya tempatkan Shinobi, film Jepang bergenre action romance ini berkisah tentang 2 klan Shinobi (semacam ninja dalam cerita Naruto). Konon Shinobi ini benar-benar ada dan masih bertahan sampai saat ini.

Kekaisaran Jepang yang melihat bahaya Shinobi ini mengundang kedua pimpinan untuk mengadakan pertarungan sampai akhir. Intinya kekeisaran Jepang ingin melenyapkan keberadaan Shinobi, karena kemampuan mereka dalam berperang yang tak bisa diimbangi oleh orang biasa.

Masalah menjadi pelik karena kedua anak dari pimpinan klan Shinobi ini malah saling jatuh cinta dan menjalin komunikasi dengan dian-diam. Tambah runyam saat pertempuran dimulai, masing-masing klan diwajibkan memilih 5 shinobi terbaik. Dan kedua anak pimpinan Shinobi ini ditunjuk sebagai pemimpin masing-masing kelompok.

Oke, tak perlu saya ceritakan endingnya ya, intinya berakhir sedih dan penuh penyesalan, namun sarat akan harga diri khas Jepang. Patut ditonton bagi yang suka anime Jepang, dan saya rasa ini film jauh lebih baik dibanding Samurai X versi layar lebar yang terasa membosankan.

6. BUTTERFLY EFFECT
Film yang dibuat pada 2004 ini menuai sukses besar bukan hanya karena para pemainnya yang terkenal, namun ide cerita dan ending yang membekas. Inti cerita adalah seoarang pria yang mempunyai kemampuan untuk kembali ke masa lalu dengan melihat foto, catatan ataupun video masa lalunya.

Masalah  muncul saat tokoh pria ini menyadari bahwa tindakannya di masa lalu menyebabkan penderitaan pada kawan dan wanita yang dicintainya. Dia berusaha terus kembali ke masa lalu dan mencari tindakan pas seperti apa yang membuat kawan-kawan dan wanita yang dicintainya itu tidak harus menerima takdir yang menderita.

Pada akhirnya tokoh pria utama yang diperankan Ashton Kucher ini memilih untuk tidak mau mengenal sama sekali kawan-kawannya dan benar di masa depan ternyata pilihan itulah yang terbaik. So, ending sudah saya kasih tahu, monggo ditonton aja untuk meremas-remas rasa jengkel pembaca pada alur cerita yang mantap.

5. COUPLES
Oke ini memang bukan  film romantis korea terbaik, bahkan lebih ke komedi, tapi jangan sampai ngantuk saat nonton ini film, karena ending yang sangat kocak, tak terduga dan menurut saya sangat cerdas. Inilah alasan utama saya tempatkan film ini dalam jajaran ending terbaik.

Berkisah tentang 5 pasang kekasih yang "berjodoh" karena rentetan peristiwa yang saling berhubungan dan di sanalah letak kecerdasan sutradaranya. Ide yang brilian dan membuat sebuah karya yang tak saya perkiraan sebelumnya. Wajib nonton, terutama bagi yang yang doyan film korea. Tapi maaf, sisi romantisnya memang kurang, tapi endingnya benar-benar cerdas.





4. SHAWSHANK REDEMPTION
Ini film cerdas lain yang pernah saya tonton. Dibintangi aktor cerdas Hollywood, Tim Robbins dan Morgan Freeman. Inti cerita adalah kesabaran seoarang Robbins yang di sana berperan sebagai konsultan keuangan (atau pegawai bank ya, lupa) dituduh membunuh istrinya dan akhirnya masuk penjara.

Dia yang merasa tidak bersalah menyusun rencana jangka panjang yang sangat cerdasn dan sangat-sangat panjang. Mempersiapkan segala sesuatunya dengan rapi dan tak di sadari oleh kawa maupun sipir penjara. Pesan film ini adalah bagaimana kesabaran, kerja kerasn dan keuletan adalah kunci segala sesuatu yang diinginkan.

Pada akhirnya Robbins tidak hanya berhasil keluar dari penjara dengan cara yang super, namun dia juga telah berhasil membangun aset di luar penjara. Film yang cerdas dan menginspirasi.



3. THE GHOST WRITER
Sebenarnya ini film akan saya tempatkan di nomor 1, tapi karena beberapa alasan dan pertimbangan tak jadi. Tapi ide dan alur film ini sangat kuat, dan berat. Jadi sebaiknya tonton lebih dari sekali, agar mendapatkan sensasi dan kedalaman cerita yang pas, karena perlu interpretasi agak dalam untuk memahami ending film ini.

Ending film ini singkat, namun menjelaskan jawaban utama dari rentetan peristiwa yang terjadi di film ini dan jujur yang belum baca novelnya pasti akan tertipu. Yup, film ini merupakan adaptasi dari karya Robert Harris, novelis kenamaan Inggris yang juga menulis Imperium, kisah tentang Cicero, politisi jaman Romawi.

Inti cerita film ini adalah, bagaimana CIA bisa menyusupkan agennya ke negara lain, bahkan sampai pada lingkaran utama sebuah negara. Film cerdas dari novel cerdas. Film ini akan sangat disukai oleh pembaca yang gemar film berat seperti Inception maupun Inside Man. Dan katanya nih, Robert Harris seperti biasa melakukan riset yang mendalam untuk menulis novel ini, so bisa jadi idenya lahir dari kisah nyata lho.

2. BATMAN THE DARK KNIGHT
Ini Batman yang kedua ya, dan menurut saya kisah Batman inilah yang terbaik dibanding seri lainnya. Tak perlu berpikir mendalam untuk menonton film ini, jalan cerita mudah dipahami, namun ada pesan tersirat yang dalam. Apa itu?

Kalau pembaca melihat dengan serius dari awal sampai ending ada pesan yang penting di dalamnya, yaitu; "kejahatan terbesar adalah mengubah orang baik menjadi orang jahat". Maksud kan dengan pesan itu. Yup, itulah yang membuat saya menempatkan film ini di urutan kedia, ditambah dengan aksi-aksi luar biasa di film batman ini membuatnya jadi nilai tambah.

1. YOU ARE THE APPLE OF MY EYE
Oke deh, saya harus akui nomor satu ini saya pilihnya amat sangat subjektif sekali. Namun bagi yang sudah nonton pasti sepakat bahwa ending film ini tak biasa dan sangat dalam, bahkan tak tertebak. Awalnya saya kira ending akan berakhir lempeng aja, eh ternyata joss, ada ide gila di sana dan dieksekusi dengan sangat baik.

Seperti saya tulis di review sebelumnya, film ini mempunyai adegan yang di dunia nyata pernah saya alami, ya adegan kuncir rambut. Jadi memang sangat subjektif, tapi tidak mengurangi kualitas film ini Dan film ini membuat saya sadar bahwa Taiwan dan Hongkong tak hanya pandai membuat film action dan kungfu, namun juga memapu membuat film romantis dan komedi yang menghibur.

Pekerjaan luar biasa dari Giddens Ko yang telah membuat novel, film dan bahkan soundtrack ini, based on his love experience.




You Might Also Like

3 comments

  1. link download film-film.a gk ada bro ?

    BalasHapus
  2. cari di Indowebster aja gan, banyak tinggal sedot

    BalasHapus
  3. maaf film indonesia ada juga lho film antimainstream yg mendobrak kenyamanan tatanan perfilman indonesia, yang punya alur cerita kompleks dan twist ending yang memukau.. coba admin tonton "Pintu Terlarang aka. The Forbidden Door", Modus Anomali, Belenggu, Rumah Dara

    BalasHapus

Follow My Twitter

Flickr Images