BlackBerry Z10 Telihat Superior di Depan iPhone5

10.22

RIM terus menggeber produknya BlackBerry Z10 di media maya, bahkan kali ini tak tanggung-tanggung, langsung head to head dengan iPhone 5. Dari pengamatan penulis, BB Z10 ini sangat impresif, selain OS yang benar-benar baru, banyak fitur yang mampu menggeser kelebihan di iPhone5, salah satunya voice control.

Kita tahu bagaimana Apple sangat membanggakan "siri" pada produk-produk iPhone-nya. RIM-pun tak mau produk terbarunya terlihat gaptek, BB Z10 dibekali dengan voice control semacam siri pada iPhone, dan hasilnya great, lebih mulus dari siri. Entah RIM akan memberi nama apa voice control pada BB10 ini. Yang jelas dari email sampai sms dan telepon, voice control milik BB10 ini lancar tanpa kesalahan, sedangkan siri pada iPhone5 kita tahu sendiri, sering salah eksekusi perintah.

Selain fitur voice control, BB10 boleh berbangga karena native browser BB10 lebih cepat dan impresif dibanding safari browser bawaan iPhone5. Sebenarnya ini sudah bisa ditebak, karena prosuk tablet RIM yang gagal -Playbook- juga mempunyai browser yang lebih kencang dari safari besutan Apple.

Belum lagi adanya BlackBerry Hub, fitur yang memungkinkan pemakai BB10 bisa bekerja dengan cepat, benar-benar memaksimalkan kemampuan OS BB10 berbasis QNX ini untuk multitasking. Artinya konsumen dapat memakai banyak aplikasi dalam waktu bersamaan dan diklaim lebih efektif dan efisien.

Walau banyak keunggulan di banding iPhone5, BB10 masih punya kelemahan, yaitu pemakaiannya yang menggunakan gestur tanpa tombol sama sekali. Sebenarnya sangat mudah dan cukup menarik, namun masalahnya adalah konsumen belum pernah memakai produk sejenis, artinya RIM harus bekerja ekstra keras untuk melakuka "edukasi" gestur pada BB10.

Dari sini para analis melihat BB10 keluaran RIM akan sangat kompetitif, namun berhasil atau tidak tergantung hasil penjualan dan ketertarikan konsumen. Well, kita tunggu saja 30 Januari nanti saat peluncuran BlackBerry 10, Good Luck RIM... (IDC)

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images