Persaingan Motor Mid Sport di Indonesia Memanas

07.15

Yamaha New Vixion Lightning 150
Akhir tahun 2012 menjadi waktu yang sangat sibuk bagi Honda dan Yamaha. Bagaimana tidak, kedua pabrikan motor terbesar di dunia itu sibuk melaunching produk motor mid sport terbaru mereka. Yamaha mengeluarkan New Vixion Lightning dan Honda dengan varian baru CB150R.

Saya tak akan bicara spech, namun lebih melihat strategi dan keuntungan bagi konsumen ke depan. Yu para analis dan blogger otomotif sepakat bahwa 2013 adalah awal kemenangan bagi konsumen. Akhirnya untuk pertama kali konsumen di Indonesia dimanjakan dengan pilihan motor yang cenderung lebih murah dan teknologi yang lebih maju.
Suzuki Inazuma 250

Honda selama ini memang merajai segmen motor bebek dan matic, tapi babak belur di segmen mid sport 150cc apalagi kelas di atasnya. Seperti kita tahu, sejak 2007, Yamaha mengambil alih segmen mid sport dengan senjata andalannya, Vixion. Tak cukup itu, untuk memperkuat, Yamaha lahirkan motor back-up, yaitu Yamaha Byson, walau lebih kekar namun harga llebih murah dan otomatis tenaga juga biasa.

Honda CB150R
Di kelas mid sport ini Honda memang lama babak belur, dengan MegaPro nya yang tak terlalu sukses di pasaran. Tahu kan produk New MegaPro yang dirilis akhir 2011, bisa dibilang itu adalah produk tergagal MegaPro, dengan lampu dan model besar, namun miskin fitur, sehingga praktis tak dilirik konsumen. Isu pentingnya adalah Yamaha sudah mengusung mesin injeksi sejak 2007, sedangkan sampai 2012 Honda belum terapkan injeksi di kelas mid sport 150cc.

Kawasaki sendiri bermain seolah-seolah di dunia yang berbeda. Mereka buat motor cepat dengan harga yag mahal, namun design yang antap, sehingga para pemakainya diberi eksklusifitas. Toh walau masih 2 tak, Kawasaki sukses membetot Ninja 150RR mengalahkan CBR150 milik Honda.
Pulsar 200NS

Dan akhirnya Honda melalui AHM mau tobat dan mendengarkan permintaan konsumen. Pada akhir 2012 lalu lahirlah CB150R, naked bike 150cc yang memang dirancang untuk "menggeser" dominasi Vixion. Diklaim sebagai turunan CBR150 (walau performanya jauh beda, hehe), AHM begitu optimis, bahkan tanpa ragu body motor bisa dibilang agak meniru Vixion model lawas. Naked bike ini dilepas dengan harga 22,35 juta OTR Jakarta.
Honda Verza 150

Tak berhenti di situ, selang sebulan kemudian AHM merilis Honda Verza 150, sebagai back up CB150R. Verza dilepas pada harga 16,05 juta versi jari-jari dan 16,9 juta untuk versi racing OTR Jakarta. Semua analis sepakat bahwa ini adalah usaha Honda untuk menggeser Yamaha secepat mungkin, walau dengan resiko untung yang diambil sedikit.

Yamaha sejauh ini merespon serangan Honda dengan cukup elegan. New Vixion tetap dengan mesin lama, namun dengan beberapa penyesuaian sehingga kemampuan mesin SOHC mampu menyamai bahkan dalam dyno test mengungguli kekuatan CB150R. Body New Vixion langsung ditangani designer Yamaha R-1, Isao Sakata. Untuk Byson sendiri akan migrasi ke mesin fuel injeksi pada pertengahan 2013.
Yamaha Byson 150

Strategi Honda di mid sport, ditiru Yamaha di segmen matic, dan mungkin juga di bebek. Yamaha Xeon lama yang versi karbi saja 16 juta, lha ini Xeon RC terbaru bermesin injeksi malah dipatok 15 juta, kan ga masuk di akal. Ini usaha Yamaha untuk bisa menyaingi kedigdayaan Vario. Untuk menggeser Honda Beat, Yamaha andalkan Mio injeksi, walau rasanya masih berat menggeser Beat.

Kawasaki ER250
Di segmen 250cc, Honda juga berencana bermain dengan nake bike. Naikkan kelas Tiger ke 250cc. Celakanya Kawasaki juga segera luncurkan ER250, versi naked bike dari Ninja 250. Tentunya akan sangat menarik. Belum lagi kolaborasi Kawasaki, Bajaj dan KTM dalam menelurkan Pulsar 200NS yang sangat ditunggu konsumen. Belum lagi Suzuki yang sudah melahirkan Inazuma 250, dengan body yang menarik dan mesin mumpuni.

New Vixion Lightning dinaiki keponakan
Keinginan Honda untuk menguasai seluruh segmen motor di Indonesia berbuah manis bagi konsumen. Keseriusan Honda melahorkan motor terbaik mampu memaksa pabrikan saingan seperti Yamaha untuk bekerja keras dan memaksimalkan kemampuan mereka. Hal ini bisa dilihat dari pertarungan New Vixion vs CB150R, bagaimana konsumen dibuat bingung harus memilih yang mana.

Well, semua ada ditangan konsumen mau beli dan loyal ke motor yang mana. Penulis sendiri akhir 2012 lalu memutuskan untuk meminang New Vixion Lightning, setelah observasi sejak digelarnya Jakarta Motor Show pada Oktober 2012. So, dengan kemajuan internet, jadilah konsumen yang cerdas karena semakin banyak pilihan. (IDC)

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images