e-Commerce Sebagai Tanda Kiamat?

16.12



Nabi Muhammad Saw. bersabda tentang hari Kiamat, “Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum munculnya fitnah, kebohongan meningkat, pasar berdekatan, dan waktu semakin dekat.” (HR Ahmad)

Hadis tersebut banyak ditafsirkan secara "lugu", pasar diidentikkan dengan pasar dalam arti konvensional. Lalu ada minimarket masih bisa dimasukkan dalam kategori pasar konvensional.

Adapaun dengan perkembangan teknologi, saya pribadi melihat salah satu yang dimaksud dalam hadis tersebut adalah e-Commerce. Disini e-Commerce bukan sebagai penyebab kiamat, hanya sebagai penanda akan semakin tuanya bumi tempat tinggal manusia.

e-Commerce adalah pasar, yang ada di genggaman manusia. Dulu sih praktis hanya Amazon dan ALibaba saja, kini banyak sekali ada Lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak dll lah. Kita bebas memilih dan membandingkan harga.

Dengan pasar di genggaman manusia, maka tidak perlu waktu yang banyak dalam membandingkan harga. Pun soal waktu ya, kini terasa kurang, karena dimana-mana macet.

Soal fitnah, ealah ini musim pilkada musimnya fitnah yang dimunculkan ke masyarakat, beuh jadi pilkada juga penanda nie? Penanda mah ga salah, tapi memang sudah sesuai prediksi Rasul.

Belum lagi manusia yang semakin sulit sekedar mendapatkan tempat tinggal. Bumi memang sudah tua, manusia memakan manusia lainnya.

Menurut kawan-kawan bagaimana? apakah kiamat memang sudah dekat?

Oleh IDC
Sumber Gambar Viva.co.id

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images