Cara Pakai Kartu Kredit, Biar Untung ga Jadi Buntung

15.45

Sumber: Lazada.co.id

Saya apply kartu kredit kalo ga salah 2014, alhamdulillah dapat Mandiri dan BCA. Saat itu sebenarnya iseng, belum banyak tahu manfaatnya. Ditahun yang sama 2014, e-Commerce tanah air mulai ramai, ternyata kartu kredit sangat membantu.

Kebetulan saat itu saya baru aja menikah, dan sialnya ga punya kerjaan tetap. Hahaha tabungan ada lah mayan, tapi tetep tetangga mulai bisik aneh-aneh, dikira pelihara tuyul dan macem-macem. Nasib yang sama dialami teman saya juragan SEO, per bulan penghasilan udah puluhan juta. Tapi ya gitu ga kelihatan kerja apa, alhasil dituduh pelihara tuyul, hahaha.

Nasibku ga sebaik temen yang juragan SEO sih. Iseng-iseng waktu itu lagi booming Asus Zenfone dan barang langka. Pas kebeneran udah punya akun Blibli dan banyak bener stoknya, garansi resmi TAM lagi, kan mayan.

Saya beli banyak, semuanya beli pake kartu kredit Mandiri, cicil 12x broh. Dan jualnya saya dapat cash, kebayang ya. Saya beli seumpama 2,4 juta cicil 12x pake kartu kredit, disaat yang sama barang terjual saya dapat cash 2,4 juta. Kali aja seumpama 20 biji laku, mayan kan dapat cashnya. Tapi jangan lupa cicilan tiap bulan.

Dapat cash ini saya anggap modal pinjaman yang harus diputer lagi. Enaknya duit cash dan cicilan ini tanpa bunga, kalo ga telat bayar yee. 50 juta lebih uang cash saya dapat, persisnya berapa lupa. Darisana saya puter buat istri mulai jualan gamis dan baju anak. Saya sendiri main hewan qurban, mayan buat nambahin modal.

Model ini saya terus kembangkan, apalagi e-Commerce ini semuanya menawarkan cicilan kartu kredit tanpa bunga. Tokopedia sendiri tanpa bunga, namun ada biaya admin, beda ama Lazada dan Blibli. But it's oke.

Saya masih menjalankan, walau ga serius amat. Teman yang butuh smartphone, tablet dan laptop saya fasilitasi dengan akad syariah. Saya ambil barang dengan kartu kredit atas nama saya, lalu barang saya jual ke teman ada yang cash dan cicilan. Tentu saya ambil margin, yang penting pembeli ridho aja kan ya.

Praktek ini lumayan bisa buat saya survive selama awal-awal pernikahan, walo sebenarnya di tabungan ada simpanan buat bertahan 1-2 tahun. Seru sie memainkan peluang yang dimiliki kartu kredit, asal kuncinya dipegang, jangan boros.

Saya menekankan pada teman-teman yang ingin "menggeluti" ini, beli seperlunya untuk diri sendiri, sisanya beli untuk dijual lagi. Contoh saya beli sepatu branded ternama di Lazada, lewat toko premium Planet Sports, kalo di offline 559.000. Beli di Lazada dengan CC Mandiri dapat diskon 17%, sekitar 95.000, mayan kan kalo dijual lagi, lwat toped atau grup WA, ambil aja margin 50.000 cukup kan.

Tapi kalo malah menjadi alat belanja bukan berdagang, CC ini cukup bahaya, apalagi kalo dipegang ibu-ibu super khilaf. Ini Lazada mulai banyak official store, pantengin aja ada diskon kece langsung santap.

Sekian yee tipsnya, kalo mau undang saya boleh, bisa email ke Ibnucloudheart@gmail.com

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Flickr Images