Inilah Filosofi Nama Dua Anakku

22.40



12 Februari 2018, lahirlah seorang bayi laki-laki, saya beri nama Sultan Saladin Targaryen. Tiga tahun sebelumnya, tepatnya pada 11 Maret 2015 lahir lebih dulu kakaknya Tidar Hayreddin Pasha.


Nama keduanya menang tidak umum didengar di masyarakat tanah air. Anak pertama saya, Tidar lebih mirip sebuah organisasi sayap kepemudaan Partai Gerindra. Maklum Prabowo Subianto adalah purnawirawan TNI yang Tidar adalah nama gunug di Akademi Militer Magelang.

Lalu kenapa saya beri nama Tidar pada anak pertama? Seperti Prabowo, saya pernah mengenyam pendidikan lama di Magelang, bukan di Akmil tapi di SMA Taruna Nusantara. Yang konon setiap lulusannya bisa masuk Akmil dengan mudah, ternyata saya tak masuk hehehe. Tapi saya sebagai ayah masih punya harapan Tidar nanti menjadi tentara dan menenyam pendidikan Taruna di Akademi Militer Magelang.

Lalu kata kedua dan ketiga adalah Hayreddin Pasha. Itu adalah nama dari panglima laut jaman Turki Ustmani, Barbarosa Hayreddin Pasha. Sering juga dipanggil sebagai Barbosa. Panglima laut yang sangat ditakuti di kawasan laut Mediterania dan selat Gibraltar. Oleh dunia barat Barbosa diidentikkan dengan bajak laut. Pedang Zulfikar yang sering dijadikan bendera kapal, oleh dunia barat ditambahkan tengkoraka yang saat ini dikenal sebagai bendera bajak laut.

Jadi memang Tidar sebagai anak pertama ini semangatnya adalah menjadi orang besar, pemimpin dan siap bertempur di medan paling depan.

Lalu anak kedua saya, Sultan Saladin Targaryen. Sultan Saladin jelas semua tahu, saya mengambil dari nama Sultan Saladin Al Ayyubi penakluk Yerussalem. Sedangkan Targaryen adalah marga sebuah keluarga besar di serial Game of Thrones.

Bukan hanya karena saya suka nonton GoT, tapi Targaryen adalah simbol penakluk daratan Westeros. Dihormati sekaligus ditakuti oleh kawan dan lawan. Harapannya Sultan (begitu kami memanggilnya) bisa menjadi anak yang tumbuh sebagai pemberani dan disegani semua orang.

Kedua nama tersebut adalah ide saya, dan istri setuju karena dia tak ada ide nama yang lebih baik untuk didengar. Semoga nama sebagai doa ini diwujudkan oleh Alla SWT, amin..

You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Fan Pages Facebook