Tips Memilih Jam Tangan Fossil cs

16.24


Soal jam tangan, bagi sebagian besar wanita perkotaan pasti mengenal Fossil, Guess, MK dan beberapa merek lain yang sering dijumpai di mall perkotaan. Tapi dari m erek-merek tadi sebenarnya tidak fokus pada jam tangan, namun pada produk fashion. Karena itu jam tangan Fossil cs sering disebut sebagai jam tangan fashion.

Berbeda dengan Seiko, Citizen, Tissot maupun merek lain yang benar-benar fokus pada jam tangan. Sehingga banyak muncul pendapat di kalangan penggemar jam tangan bahwa Fossil cs tidak masuk dalam kategori jam yang pantas di koleksi. Ya pendapat banyak berbeda, namun faktanya kualitas jam Fossil mememang cukup bagus.

Kebetulan saya baru saja mengganti baterai jam Fossil dan saat dibuka ketahuan memakai mesin quartz buatan Miyota Jepang. Miyota adalah sub brand Citizen, salah satu pemain utama dalam dunia jam tangan. Saya merasa beruntung, karena setahu saya tidak semua jam tangan Fossil memakai mesin asal Jepang. Salah satu jam Fossil saya dengan jelas tertulis mesinnya made in china.

Memang Fossil sendiri punya keinginan kuat untuk memperbesar pengaruh brand jam tangan mereka. Bahkan pada 2012 mereka telah membeli salah satu perusahaan produsen jam asal Swiss. Namun belum diketahui kapan produksi jam Fossil made in Swiss akan asuk Indonesia. Selama ini Fossil memusatkan produksi jam nya di daerah China Selatan.

Saya termasuk yang pernah hampir mengakuisisi jam Fossil palsu. Saya yakin seller tidak mengetahui bahwa barang yang dijualnya bermasalah, saya yakin sang seller orang baik. Jam tangan Fossil termasuk yang banyak dipalsukan dalam kualitas yang baik dan nyaris sempurna. Hal yang sama terjadi pada Panerai, versi KW nya hampir tidak bisa dibedakan, sehingga harga second Panerai kini relatif turun drastis.

Ceritanya saya beli 2 jam tangan dari Facebook. Yang pertama untuk istri, tipe boyfriend, kedua model chronograph decker (kalo tidak salah) untuk saya. Harganya memang terjangkau, tapi tidak sampai terlalu murah seperti produk palsu.

Pertama yang datang adalah jam istri saya. Dipakai hanya sekali, karena istri memang ibu rumah tangga, selebihnya ditaruh di box jam, agar terhindar dari jamur dan karat. Saat datang sebenarnya saya ragu, karena ada cat yang tidak pada tempatnya, lalu pemasangan dial yang tidak rapi. Namun saya belum curiga.

Saat jam kedua saya datang, saya masih di luar kota. Saat sampai rumah saya cek, awal saya curiga karena jam tangan fossil dibungkus plastik yang saya tahu biasanya diapakai oleh produk-produk KW, berwarna biru. Dan saya terkejut karena plastik tidak rapi sampai terjepit oleh strap dan bodi jam, saya pikir tidak mungkin packaging Fossil sejelek ini.

Sekilas jam packaging jam KW asal China

Kira-kira plastik birunya seperti di atas, namun ada gambar bunga-bunga. Akhirnya saya bertanya pada teman, sekaligus Googling. Menurut kawan yang jago jam tangan, sebuah produk palsu mesinnya rata-rata sama. Karena itu yang pertama saya lakukan adalah menaruh jam tangan Fossil tersebut di telinga saya, dan suara detiknya kenceng bener. Saya bandingkan dengan jam miniso 149rb, sama kencengnya.

Lalu kedua adalah soal berat jam tangan tersebut, sangat enteng. Berbeda dengan jam tangan Fossil saya lainnya. Dan strapnya yang stainless sangat ringan dan terlihat tidak memakai PVD maupun black steinless, seperti aloy murah dicat hitam, sangat ringan. Dan terakhir di dial jam nya, penulisan Fossil 100 Meters tidak rapi.

Lalu saya periksa jam tangan Fossil istri, untuk mesin tidak bermasalah. Namun dial jam yang tidak rapi sangat mencurigakan. Saya tanya teman, kemungkinan besar itu adalah jam tangan rekondisi, apalagi bila model lawas seperti tipe boyfriend. Banyak memang dijumpai di tokopedia dan bukalapak tipe-tipe jam tangan Fossil yang lawas, ini pastut diwaspadai.

Jam tangan rekondisi ini maksudnya adalah jam tangan bekas lalu diperbaharui bodi, dial dan strap. Bahkan biasanya ada yang sudah diganti mesin, karena itu harus dibuka bagian belakangnya agar tahu persis mesin sudah diganti atau tidak. Dalam kasus istri saya, nampaknya mesin tidak diganti, hanya dial yang tidak rapi.

Saya sampaikan apa adanya pada seller, dan alhamdulillah seller memahami serta mau mengembalikan uang saya. Semoga diganti dengan rejeki lebih baik.

Memang membeli jam tangan Fossil di urban icon mahal ampun, namun sudah pasti asli. Kalo mau murah dan asli memang perlu jam terbang. Termasuk saya kini sudah ada langganan seller yang menjual jam tangan ori dengan harga jauh dibawah harga mall. Ada proses sampai kesana. Saya ga bisa sebut ya beli dimana, karena bukan tulisan endorse, hahaha.

Jam tangan menjadi hadiah yang jauh lebih value dibanding smartphone ya. Itu yang saya pahami dan pelajari akhir-akhir ini. Selamat berburu jam tangan...


You Might Also Like

0 comments

Follow My Twitter

Fan Pages Facebook